Contoh Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan

Post Top Ad

banner gabung grup telegram bkk smk muhammadiyah ulujami

Contoh Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan


bkksmk.my.id - Iklan lowongan pekerjaan biasanya berupa pengumuman yang menginformasikan kepada publik bahwa tersedia posisi pekerjaan tertentu. Umumnya, informasi lowongan pekerjaan ditulis dengan diksi yang menarik dan tidak hanya tentang posisi pekerjaan, tetapi juga menjelaskan tentang perusahaan dan manfaat yang akan calon pelamar dapatkan.

Iklan lowongan pekerjaan yang baik memiliki beberapa struktur yang harus dicantumkan sebagai informasi. Struktur atau informasi yang harus ada dalam iklan lowongan pekerjaan adalah sebagai berikut.

1. Posisi pekerjaan

Posisi pekerjaan (job title) dalam iklan lowongan pekerjaan harus ditulis jelas, akurat, dan to the point. Pada umumnya, posisi pekerjaan ditulis sebagai headline dalam iklan lowongan pekerjaan.

2. Lokasi pekerjaan

Lokasi pekerjaan merupakan salah satu kriteria utama yang digunakan pencari kerja dalam pencarian. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencantumkan lokasi yang akurat dalam iklan lowongan pekerjaan. Selain itu, perlu diberikan penjelasan dalam iklan lowongan pekerjaan apakah jenis lokasi pekerjaan dapat dilakukan, misalnya seperti on site, hybrid, atau dapat dilakukan secara remote.

3. Tanggung jawab pekerjaan

Tanggung jawab pekerjaan mencakup deskripsi tugas apa saja yang perlu dilakukan oleh pelamar. Deskripsi pekerjaan disarankan ditulis secara singkat dalam iklan lowongan pekerjaan dan meliputi beberapa tanggung jawab utama yang perlu dilakukan.

4. Persyaratan

Persyarataan ini mencakup kualifikasi yang harus di penuhi oleh pelamar sebelum mencoba memasuki lamaran. Daftar kualifikasi dalam iklan lowongan pekerjaan biasanya terkait dengan pendidikan pengalaman keja sebelumnya kemampuan, teknis, maupun skill

5. Informasi perusahaan dan tunjangan

Informasi perusahaan umumnya perlu dicantumkan secara singkat sebagai perkenalan iklan lowongan pekerjaan. Selain itu, dalam iklan lowongan pekerjaan mungkin dapat juga disertakan tunjangan yang akan didapatkan kandidat, seperti kisaran gaji, proyek menarik, serta fasilitas penunjang.

6. Instruksi melamar

Informasi yang tidak boleh dilewatkan dalam iklan lowongan pekerjaan adalah informasi mengenai kontak, seperti email atau instruksi lain mengenai siapa, bagaimana, dan kapan kandidat yang tertarik harus menghubungi.

Iklan Lowongan Pekerjaan yang profesional mengikuti langkah-langkah dasar berikut :

1. Cantumkan judul pekerjaan dengan lead yang menarik

Langkah pertama setiap saat mengunggah posting iklan lowongan pekerjaan harus dimulai dengan judul posisi yang dibutuhkan. Pastikan bahwa judul posisi pekerjaan yang ditawarkan cukup jelas. Judul pekerjaan memiliki daya tarik yang melebihi dari sekadar judul, karena dari bagian inilah kamu akan menarik kandidat yang potensial. Di bagian ini dapat disertakan beberapa hal yang menarik, misalnya cuti berbayar, sistem kerja jarak jauh (remote), atau tersedia training (program bimbingan).

2. Perkenalkan perusahaan

Tulis paragraf singkat yang menceritakan mengenai perusahaan dengan menguraikan beberapa informasi yang ingin diketahui kandidat pelamar. Bagian ini bisa berupa informasi apapun, mulai berapa tahun perusahaan telah beroperasi hingga nilai-nilai inti perusahaan atau informasi menarik lainnya, seperti klien kerja yang memiliki reputasi baik, budaya kerja, dan lain-lain.

3. Cantumkan deskripsi pekerjaan

Untuk membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik, kamu tidak perlu membuat paragraf panjang. Ingat, untuk membuat kandidat pelamar tertarik dengan posisi yang ditawarkan, maka cukup sertakan dua atau tiga deskripsi yang cukup menarik, seperti lingkungan tim atau jam kerja.

4. Sebutkan benefit yang didapatkan

Bagian ini kemungkinan besar sangat penting karena akan memberikan kesempatan mengenai poin-poin yang diminati oleh kandidat pelamar. Buatlah daftar lima atau enam poin-poin yang menjelaskan alasan mengapa seseorang harus melamar pekerjaan di perusahaan tersebut.

5. Cantumkan informasi kontak dan lokasi

Posting iklan lowongan pekerjaan akan cukup menarik apabila bagian-bagiannya lengkap dan terstruktur. Oleh karena itu, uraikan mengenai lokasi pekerjaan secara detail, apakah dapat dilakukan secara remote atau on-site. Jangan lupa pada penutupan posting iklan lowongan pekerjaan, sertakan kontak email atau nomor telepon yang dapat dihubungi, serta langkah-langkah untuk proses rekrutmen.

Dengan merinci seluruh proses dari aplikasi hingga perekrutan, seorang kandidat mungkin merasa lebih nyaman mengetahui langkah-langkah apa yang diperlukan. Jika memungkinkan, sematkan hyperlink ke halaman rekrutmen dan pastikan untuk menentukan dengan jelas tenggat waktu aplikasi.

6. Baca ulang, edit, dan posting

Hal terakhir yang perlu di lakukan sebelum mendistribusikan infofmasi iklan lowongan pekerjaan adalah meninjau ulang posting . pastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan mengenai link yang mungkin terlewatkan. Pastikan untuk mengedit posting pekerjaan, dan jika memungkinkan mintalah pandangan dari orang lain untuk menilai iklan lowongan pekerjaan sebelum di posting.

Post Top Ad

banner magang di jepang bkk smk