5 Tips Mempersiapkan Diri Masuk Dunia Kerja

Post Top Ad

banner gabung grup telegram bkk smk muhammadiyah ulujami

5 Tips Mempersiapkan Diri Masuk Dunia Kerja

tips melamar pekerjaan

bkksmk.my.id - Dunia kerja adalah sebuah lingkungan yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu geluti. Dari definsi tersebut berarti semua yang ada di tempat kerja adalah duniamu. Meski pekerjaan dilakukan di rumah, selama masih berhubungan dengan pekerjaan, itu semua adalah dunia kerja.

Kamu perlu mengetahui bahwa kita memilih pekerjaan biasanya sesuai dengan yang kamu suka dan kuasai. Maka dari itu jangan sampai salah memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan kamu. Memang tidak apa untuk mencoba hal baru di luar dari kemampuan, tapi lebih baiknya pekerjaan itu sesuai dengan keahlian kamu. Supaya hasil kerjamu selalu memuaskan dan mendapat apresiasi.

BACA JUGA : 5 Teknik Melakukan Interview User Lolos Tes

Hal penting dan utama untuk kamu perhatikan dalam bekerja adalah mental. Karena mental merupakan bagian dari diri kita. Tiap orang mempunyai mental yang berbeda, dan tentunya mental yang lemah dapat diperkuat, salah satunya adalah dengan memasuki dunia kerja. Berikut kami rangkum 5 tips mempersiapkan diri masuk dunia kerja :

1. Mental Kuat


Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa kamu harus kuat mental dan jangan merasa lemah. Mulailah berpikir positir akan tanggapan di sekitar kamu. Jika mendapat kritik, buatlah kritikan tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk diri kamu sendiri.

2. Mengenali Diri Sendiri


Kenali diri kamu sepenuhnya apa kekurangan dan kelebihan kamu, ketahui kekurangan yang kamu miliki dan perbaiki sepenuhnya agar kamu siap menghadapi dunia kerja. Perbaiki setiap kekurangan fisik dan mental agar kamu lebih percaya diri, dan carilah banyak pengalaman agar semakin terlatih untuk percaya diri.

3. Mengasah Kemampuan


Ketika kalian sudah mengetahui di mana letak kekurangan dan kesalahan dalam diri kamu saatnya untuk mengetahui kelebihan dari diri kamu. Dengan mengasah kemampuan diri dapat membuat kita semakin percaya diri di lingkungan kerja.

4. Mengontrol Emosi


Kamu juga bisa mengontrol emosi agar tidak memiliki masalah kedepanya dalam dunia kerja, karena terkadang kita sangat sulit untuk mengontrol emosi. Namun yang perlu diingat agar kamu dapat menahannya dengan cara menarik nafas dalam dan menghembuskannya secara perlahan, serta tenang untuk tetap bekerja dengan baik.

5. Menjadi Pendengar Yang Baik


Tiap orang ingin didengar, kamu pun pasti juga. Namun sebelum meminta hak untuk didengar, lebih dulunya kamu harus bisa menjadi pendengar yang baik. Karena hal ini merupakan salah satu aspek yang juga penting dalam diri kita, agar di dunia kerja nanti kita mendapat apresiasi dan dihargai oleh karyawan lain. Orang akan senang jika mendengarkan nasihat atau keluhan mereka yang dapat merubah diri kamu kedepannya

Nah itulah 5 tips mempersiapkan diri masuk dunia kerja supaya kalian yang baru saja menyelesaikan sekolahnya bisa menhikuti tips yang kami beri. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Post Top Ad

banner magang di jepang bkk smk